Senin, 17 Agustus 2015

Cara Pencegahan Penyakit Kanker Paru-Paru Secara Alami

Cara pencegahan penyakit kanker paru-paru adalah setiap tindakan yang dilakukan untuk menurunkan risiko terkena penyakit kanker paru-paru. Dengan pencegahan yang dilakukan dengan tepat, jumlah kasus baru kanker pada kelompok atau populasi dapat diturunkan dan mudah-mudahan, ini akan menurunkan jumlah kematian yang disebabkan oleh kanker paru-paru.

Untuk pencegahan kasus kanker paru-paru baru dari awal, para ilmuwan melihat faktor-faktor risiko dan faktor pelindung/protektif. Apa pun yang meningkatkan risiko Anda untuk mengembangkan kanker disebut faktor risiko kanker dan segala sesuatu yang dapat menurunkan kesempatan Anda untuk terkena penyakit kanker paru paru disebut faktor protektif.


Beberapa faktor risiko kanker bisa dihindari, tetapi ada banyak yang tidak bisa. Misalnya, merokok dan mewarisi gen tertentu merupakan faktor risiko untuk beberapa jenis kanker, tetapi hanya merokok dapat dihindari. Olahraga teratur dan diet yang sehat dapat menjadi faktor protektif untuk beberapa jenis kanker. Menghindari faktor risiko dan meningkatkan faktor protektif dapat menurunkan risiko Anda, tetapi itu tidak berarti bahwa Anda tidak memiliki risiko sama sekali.


Faktor terpenting untuk pencegahan kanker paru-paru, adalah:




  • Mengubah gaya hidup dan pola makan.

  • Menghindari hal-hal yang diketahui menyebabkan kanker.

  • Mengambil obat-obatan untuk mengobati kondisi prakanker atau untuk mengatasi kanker sejak awal berkembang.


Cara Pencegahan Kanker Paru-Paru Dengan Menghindari Faktor Risiko


Kanker paru-paru adalah penyebab utama kematian karena kanker baik pada pria maupun wanita. Lebih banyak orang meninggal akibat kanker paru-paru dibandingkan dari jenis lain kanker lainnya. Kanker paru-paru merupakan jenis kanker yang paling umum Di Amerika Serikat setelah kanker kulit.


Dengan menghindari faktor risiko dapat membantu untuk mencegah kanker paru paru, dan berikut adalah hal-hal yang harus Anda hindari:




  • Merokok sebagai faktor risiko utama untuk kanker paru-paru. Rokok, cerutu, dan jenis lainnya dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru. Tembakau pada rokok menyebabkan sekitar 9 dari 10 kasus kanker paru-paru pada pria dan sekitar 8 dari 10 kasus kanker paru-paru pada wanita. Penelitian juga menunjukan bahwa rokok dengan kandungan nikotin dan tar yang rendah juga berpengaruh terhadap meningkatnya risiko terkena kanker paru-paru. Orang yang merokok memiliki risiko kanker paru-paru 20 kali lipat dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok.

  • Asap rokok juga merupakan faktor risiko untuk kanker paru-paru. Asap rokok adalah asap yang berasal dari rokok yang terbakar atau produk tembakau lainnya, atau yang dihembuskan oleh perokok. Orang-orang yang menghirup asap rokok akan terkena paparan zat penyebab kanker yang sama seperti perokok, meskipun dalam jumlah yang lebih kecil. Orang yang menghirup asap rokok disebut perokok pasif.

  • Memiliki riwayat keluarga kanker paru-paru merupakan faktor risikonberikutnya untuk kanker paru-paru. Orang yang memiliki seorang kerabat yang mengidap kanker paru-paru, risikonya meningkat sebanyak 2 kali lipat.

  • Terinfeksi dengan human immunodeficiency virus (HIV), penyebab acquired immunodeficiency syndrome (AIDS), terkait dengan risiko yang sangat tinggi terkena penyakit kanker paru-paru. Orang yang terinfeksi virus HIV mungkin memiliki lebih dari dua kali risiko kanker paru-paru daripada mereka yang tidak terinfeksi.

  • Paparan radon: Radon adalah gas radioaktif yang berasal dari pemecahan uranium dalam batuan dan tanah. Ini merembes melalui tanah, dan kebocoran ke udara atau air bersih.

  • Paparan zat: Studi menunjukkan bahwa terpapar zat berikut meningkatkan risiko kanker paru-paru, yakni: Asbes, Arsenik, Chromium, Nikel, Berilium, Cadmium, dan Tar.

  • Polusi udara: Studi menunjukkan bahwa tinggal di daerah dengan tingkat polusi udara yang tinggi, meningkatkan risiko terkena penyakit kanker paru-paru.


Dengan menghindari faktor-faktor risiko di atas (tentunya untuk yang bisa dihindari) dapat menjadi cara pencegahan penyakit kanker paru-paru yang baik bagi Anda. Yakinlah pencegahan kanker paru-paru pasti lebih mudah dan murah di bandingkan dengan mengobati kanker paru-paru.


Baca juga : Obat Herbal Kanker Paru-paru


Cara Mencegah Penyakit Kanker Paru-Paru Dengan Menerapkan Faktor Pelindung


Dengan menerapkan faktor pelindung atau protektif berikut ini, Anda dapat mencegah terkena penyakit kanker paru-paru.




  • Berhenti merokok : Cara terbaik untuk mencegah penyakit kanker paru-paru adalah dengan berhenti merokok. Pada orang yang telah berhenti merokok, kemungkinan mencegah kanker paru-paru tergantung dari berapa tahun lamanya ia merokok dan berapa lamanya waktu ia telah berhenti Setelah seseorang telah berhenti merokok selama 10 tahun, risiko kanker paru-paru menurun 30% sampai 50%.

  • Pengaturan pola makan : Beberapa studi menunjukkan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran dalam jumlah banyak memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kanker paru-paru daripada mereka yang makan dalam jumlah lebih sedikit.

  • Olahraga secara teratur : Beberapa studi menunjukkan bahwa orang-orang yang aktif secara fisik memiliki risiko lebih rendah terkena kanker paru-paru dibandingkan orang yang tidak.


Faktor pelindung di atas merupakan cara pencegahan penyakit kanker paru paru terbaik yang dapat Anda lakukan. Namun jangan lupa untuk menghindari setiap faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan Anda untuk terkena penyakit ini.


Cara Pencegahan Penyakit Kanker Paru Paru Dengan Obat-Obatan Herbal


Seperti yang sudah kita ulas di atas, faktor risiko penyakit kanker paru paru antara lain: asap rokok, polusi udara dan zat-zat lainnya. Memang di dalam asap rokok dan udara yang tercemar mengandung banyak sekali partikel radikal bebas, yang siap menyerang tubuh Anda. Untuk itu diperlukan suplemen antioksidan super yang dapat menangkal serangan radikal bebas tersebut.


Sekarang banyak sekali beredar obat-obatan herbal yang diklaim mengandung antioksidan tinggi. Sebagai konsumen Anda harus pintar-pintar memilih produk kesehatan yang benar-benar berkualitas. Yang terpenting adalah memperhatikan apakah produk herbal tersebut sudah terbukti khasiatnya.


Lengkaplah sudah pertahanan Anda untuk mencegah terkena kanker paru-paru, dari menjauhi faktor risiko, menerapkan faktor pelindung dan kemudian dilengkapi dengan suplemen antioksidan. Semoga cara pencegahan penyakit kanker paru-paru ini dapat bermanfaat bagi Anda.


Baca juga : Manfaat Antioksidan bagi Kesehatan Tubuh


Referensi : www.cancer.gov

Load disqus comments

0 komentar